Wednesday 18 June 2014

SISTEM ANALOG DSAN SISTEM DIGITAL



Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sistem analog dan sistem digital, adapun pembahasanya yaitu mengenai apa sebenarnya sistem analog dan digital, lalu perbedaan antara analog dan digital, dan keungglan dari masing- masing sistem tersebut serta sejarahnya.
A. Pengertian sistem analog dan sistem digital
1. Sistem digital adalah suatu sistem yang berfungsi utuk mengukur suatu nilai yang bersifat tetap  atau tidak teratur dalam bentuk diskrit berupa digit-digit atau angka-angka.
     2. sistem analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang kontinue yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang.
 B. Sejarah sistem analog dan digital
      1. sejarah sistem digital, Digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa Yunani berarti jari jemari. Apabila kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 susunan angka, yaitu 1 dan 0, oleh karena itu Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit).
 2. sejarah sisten analog,Sinyal analog adalah istilah yang digunakan dalam ilmu teknik (terutama teknik elektro, teknik informasi, dan teknik kendali), yaitu suatu besaran yang berubah dalam waktu atau dan dalam ruang, dan yang mempunyai semua nilai untuk untuk setiap nilai waktu (dan atau setiap nilai ruang). Digunakan juga istilah Sinyal Kontinyu, untuk menggambarkan bahwa besaran itu mempunyai nilai yang kontinyu (tak terputus).
 C. perbedaan analog dan dgital
     1. Sistem digital mampu mengirimkan informasi lebih cepat dari analog
     2. Sistem analog lebih sensitif dari ganguan atau noise.
     3. Sistem digital mereproduksi sinyal dengan lebih baik.
     4. Sistem digital mudah didisain dan tidak memerlukan matematika khusus.
     5. Fleksibilitas dan fungsionalitas sistemm digital lebih baik.

 D. masing-masing keunggulan dari sistem analog dan digital.
     1. keunggulan sistem digital
         - Sistem digital lebih mudah dirancang. Hal itu terjadi karena hal yang diggunakan adalah rangkaian pengalih yanhg tidak memerlukan nilai tegangan atau arus yang pasti, hanya rentangan(tinggi atau rendah) yang diperlukan.
         - Penyimpanan informasi mudah dilakukan. Penyimpanan informasi itu dapat dilakukan oleh rangkaian pengalih khusus yang dapat menyesuaikan informasi tersebut dan menahannya selama diperlukan.
         - Ketepatan dan ketelitiannya lebih tinggi. Sisttem digital ndapat menangani ketelitian sebanyak angka yang diperlukan hanya dengan menambahkan rangkaian penganlih saja. Dalam system analog, ketelitian biasanya terbatas hanya sampai tiga atau empat angka saja karena nilai tegangan dan arus didalamnya bergantung langsung pada kepada nilai komponen rangkaiannya.
         - Operasinya dapat dengan mudah diprogrankan. Sangat mudah untuk merancang suatu sisrem digital yang kerjanya dikendalikan oleh program. Sistem analog juga dapat diprogram tetapi ragam dan kerumitan operasinya sangat terbatas.
         - Sistem digital lebih kebal terhadap noise. Perubahan tegangan yang tidak teratur  tidak terlalu mengganggu seperti halnya dalam system analog. Dalam system digital nilai pasti untuk tegangan tidak penting sepanjang noise itu tidak sebesar sinyal tinggi atau sinyal rendah yang telah ditetapkan.
         - Lebih banyak rangkaian digital yang dapat dibuat dalam bentuk chip rangkaian terpadu. Meskipun rangkaian analog juga dapat dibuat dalam bentuk IC, kerumitannya membuat system analog itu lebih mahal dalam bentuk IC.
    2. keunggulan sistem analog
       - unggul dalam bidang audio
       - Hampir semua besaran fisik di dunia ini bersifat analog dan besaran itulah yang merupakan masukan dan keluaran yang dapat dipantau, yang dolah dan dikendalikan oleh system.
       - digunakan pada hampir semua besaran fisik di dunia.

No comments:

Post a Comment